Cara Membuat Grafik Dengan Excel

Cara Membuat Grafik Dengan Excel
Ketika membuat suatu laporan keuangan perusahaan dalam bentuk angka-angka yang beragam, kita akan kesulitan ketika membaca tabel laporan keuangan karena harus membaca satu persatu angka yang ditampilkan. Untuk mempermudah pembacaan laporan keuangan kita bisa memanfaatkan salah satu fitur dari excel yaitu Charts atau Grafik. Kelebihan dari fitur grafik excel adalah grafik yang kita buat akan berubah secara otomatis seiring dengan perubahan data yang kita buat sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi membuat grafik secara berulang-ulang. Dengan grafik ini anda dapat melihat persentase perubahan nilai suatu data dari waktu ke waktu.
Pembuatan grafik ini juga sangat mudah, langkah-langkahnya akan saya jelaskan dibawah ini:
  1. Buat tabel laporan keuangan lalu sorot semua data.
  2. Kemudian pada Ribbon Insert pilih tanda panah yang berada di bagian pojok kanan bawah pada menu Charts atau bisa juga dengan tombol shortcut “Alt+NK” (tanpa tanda petik), maka akan muncul jendela Insert Charts.
  3. Pada jendela insert charts akan tampak beberapa pilihan bentuk grafik yang bisa anda pilih seperti Column, Line, Pie, Bar dan lainnya.
  4. Jika bentuk grafik yang kamu inginkan sudah dipilih lalu akhiri dengan menekan tombol OK.
  5. Maka hasilnya grafik akan secara otomatis dibuat oleh excel. Diatas telah dijelaskan secara singkat langkah demi langkah pembuatan grafik dengan excel. Selanjutnya akan saya jelaskan membuat grafik agar lebih menarik.


Membuat kombinasi bentuk grafik
Kombinasi grafik adalah penggabungan dua type grafik dalam satu grafik. Kombinasi grafik bertujuan agar informasi yang ditampilkan menjadi semakin jelas dan mudah dipahami. Untuk pembuatannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Aktifkan grafik atau klik pada grafik
  2. .Lalu klik kanan pada salah satu batang grafik
  3. Kemudian pilih Change Series Chart Type.
  4. Pada jendela Change Chart Type pilih Line with Markers dan akhiri dengan klik OK.

Hasilnya akan tampak perbedaan dari bentuk batang grafik yang kita pilih tadi menjadi garis dengan tanda.

0 Comments

Post a Comment