MEMBUAT BAHAN PRESENTASI DENGAN POWERPOINT

Powerpoint merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat suatu bahan presentasi dengan mudah, cepat dan menarik. Dengan powerpoint memungkinkan kita untuk membuat bahan presentasi tidak hanya berbentuk tulisan, kita juga bisa menambahkan gambar maupun video. Langsung saja berikut ini akan saya tunjukkan langkah demi langkah membuat presentasi.

  1. Buka aplikasi Powerpoint.
  2. Setelah aplikasi Powerpoint terbuka akan tampak beberapa pilihan model halaman yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu. Sebagai permulaan pilih saja yang pertama yaitu Blank Presentation.
  3. Kemudian akan tampak halaman baru powerpoint dalam bentuk slide-1. Ada dua kotak yang muncul dalam slide-1, yang pertama kotak Click to add title isikan dengan judul presentasi kamu dan yang kedua Click to add subtitle isikan dengan subjudul presentasi atau nama presenter.
  4. Kedua kotak tersebut tidak mutlak, anda juga bisa menambahkan beberapa kotak dengan cara pilih tab Insert lalu pada menu yang muncul pilih Text Box (ShortCut "Alt+NX") atau WordArt (ShortCut "Alt+NW"). lalu posisikan sesuai selera dan ketikkan beberapa text yang kamu inginkan.
  5. Jika pada slide-1 sudah dirasa cukup, lalu buat slide yang ke-2, 3 dan seterusnya dengan cara pilih tab insert, lalu pada menu yang muncul pilih New Slide atau bisa juga dengan ShortCut "Ctrl+M" atau "Alt+NSI", dan pilih salah satu model pilihan tema yang muncul.
  6. Kemudian ketikkan isi dari presentasi.
  7. Setelah penulisan isi presentasi dirasa cukup, akhiri presentasi dengan slide terakhir atau slide penutup. Slide penutup biasanya berisi text ucapan terima kasih.
  8. Yang terakhir adalah simpan bahan presentasi yang sudah kamu buat.

Di atas telah saya uraikan langkah demi langkah dalam membuat presentasi dengan powerpoint. Kemudian anda tinggal menjalankan bahan presentasi dengan klik tab Slide Show dan pada menu yang muncul pilih From Beginning atau tombol F5 pada keyboard untuk menjalankan presentasi dari awal atau pilih From Current Slide atau kombinasi tombol “Shift+F5” pada keyboard untuk menjalankan presentasi terpilih. Untuk menjalankan presentasi secara menyeluruh kamu harus menekan beberapa tombol perintah secara terus-menerus dari slide pertama hingga slide terakhir. Tombol perintah yang dimaksud adalah :
  1. Klik kiri mouse, Tombol PgDn atau panah bawah atau panah kanan pada keyboard, perintah untuk menjalankan slide berikutnya.
  2. Tombol PgUp atau panah atas atau panah kiri pada keyboard, perintah untuk menjalankan slide sebelumnya.
  3. Tombol Home keyboard untuk menjalankan slide pertama
  4. Tombol End keyboard untuk menjalankan slide terakhir.
  5. Tombol Esc pada keyboard, perintah untuk mengakhiri penanyangan slide.

Demikian langkah demi langkah dalam membuat presentasi dengan Powerpoint yang bisa saya bagikan. Semoga sedikit ilmu ini bisa bermanfaat.

0 Comments

Post a Comment